Alamat Email

Email : pnpm.sungailoban@gmail.com
Phone :
085347154351
Alamat Kantor Sekretariat : Jalan Pemerintahan Desa Sari Mulya Sebamban 1 Blok A (Belakang Kantor UPTD Pendidikan dan Kantor KUA)
Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimanan Selatan, Kode Pos 72274

Rabu, 31 Oktober 2018

CAMAT: UNTUK LEBIH MAJU, UPK BKAD PERLU PROMOSI



Sungai Loban - Usai memberikan amanat pada rutinitas Apel pagi, Kunjungan Camat dan rombongan ke Kantor Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) "Makmur Bersama" Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Sungai Loban (eks PNPM) dilaksanakan pagi ini Selasa 17/7/2018.
Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Pengurus BKAD dan Pengurus UPK, sebagai unit eks Program PNPM, saat ini kegiatan dikatakan sudah beralih ke bisnis sosial dengan tetap berorientasi untuk pemberdayaan kepada masyarakat, saat ini sudah ada kerjasama dengan BPJS bagi anggota kelompok SPP, ada UMKM dengan produknya namun yang masih menjadi kendala adalah pemasaran produk.
Selanjutnya UPK dikatakan akan mengembangkan aplikasi online yang bisa berbasis Android untuk pengembangan usaha. Di aplikasi ini nantinya bermacam fitur dapat dilaksanakan, seperti transaksi online atau pembayaran online, tiketing dan lain-lain. Unit kedepannya diharapkan tetap berinvestasi baik aset tanah, kebun, dan aset lainnya. Saat ini dana yang dikelola unit kurang lebih 6,4 M yang masih diaplikasikan ke kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP)

Kedepan, Unit berkomitmen akan bekerjasama dengan pihak ketiga baik perusahaan atau unit lain untuk mengembangkan usaha demikian disampaikan oleh Ketua UPK Ali Subechan didampingi Ketua BKAD Iwan.
Menanggapi hal ini Camat Sungai Loban Samsir, SE MAP memberi apresiasi kepada UPK dan BKAD Sungai Loban terhadap pengelolaan Aset dan Keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan sampai saat ini. Potensi di Sungai Loban sanagt heterogen, salah satu sektor yakni Pariwisata, kenapa? Ketika ada destinasi disana ada UKM yang tumbuh. Harapan Camat kedepannya Unit ini perlu dipromosikan, apalagi pengelolaan SPP ada usaha dari ibu2 yang lebih konsisten dalam pengembangan usaha
Promosi disini sangat berefek besar dalam pengembangan suatu usaha. Camat mencontohkan Desa Sungai Dua Laut yang ada pantainya, semua punya peluang maju bila promosi dilaksanakan dan otomatis UKM disana akan ikut berkembang. Selain itu ada potensi kuliner tiap desa yang dapat dikembangkan.
Perlunya adanya sinkronisasi dan sinergisme dengan pihak lain selanjutnya. Harapan camat salah satu promosi unit kelembagaan ini yakni bekerjasama dengan pihak pemerintahan, berperan serta dalam pembangunan. Selanjutnya diharapkan kedepannya unit kelembagaan ini dapat menjadi centra/pusat pelayanan dalam hal perekonomian, misal dalam hal pengadaan sembako, pengelolaan hasil usaha perkebunan dan usaha lain.

Camat pun salut terhadap kerjasama Unit dengan BPJS, terkait aset tanah itu adalah jangka panjang, jangka pendeknya bersama-sama kita Gongkan usaha-usaha yang saat ini sedang dikembangkan.
Sekretaris Camat Mutawally SE, yang turut berhadir mengharapkan unit kelembagaan ini agar terus berinovasi, baik pengembangan produk maupun model simpan pinjam, bisa bekerjasamasa dengan koperasi atau pihak lain. Ini dapat menjadi perhatian untuk selanjutnya dikelola disamping tetap berhati hati dalam pengelolaan aset dan keuangan.
Terkait kerjasama unit kelembagaan dengan pihak akademisi Perguruan Tinggi, pihaknya siap membantu kelembagaan dalam hal kerjasama pengembangan dan riset sesuai yang akan dikembangkan.
Kades Damar Indah Sanusi yang ikut hadir berharap Unit Kelembagaan selain mengelola usaha simpan pinjam (SPP) unit ini juga dapat mengelola alat berat, dimana saat ini tidak hanya desa-desa di Kecamatan Sungai Loban saja memerlukan peralatan ini dalam pelaksanaan pembangunan desa. (*iws)

Foto dan Artikel oleh : I Wayan Sukadana, S.Hut

FACEBOOK KECAMATAN :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar